Tuesday, August 29, 2006

Bapedalda Poso Abaikan AMDAL PLTA Poso

Selasa, 29 Agustus 2006


Kawan angky, apakah udah dapat kontak dari kawan-kawan YPAL dan FAPS di Tentena dan Sangira, saya sekarang ada di Palu, kemungkinan lusa saya ke jakarta, apa bung ada dikantor AMAN, saya mau ketemu diskusikan soal agenda bersama pasca Pertemuan Sangira,, semoga kita bertemu bung

Hormatku selalu,


Agus FAisal
On 8/23/06, Franky - AMAN <angky@aman.or.id> wrote:

Emang "asal nyeplak aja" pejabat Bapedalda.
Mungkin AMDALnya saja ndak pernah ditengok bentuknya.
Saya minta juga di copy kan AMDALnya yang sudah ada.

Banyak pengalaman membendung ataupun merubah aliran air sungai alam, dengan
pengelolaan bendungan, irigasi, kanal dan seterusnya, akan mempengaruhi
siklus dan kehidupan air. "Air sungai menjadi mati" dan pasif. Peranan
sungai yang secara alamiah memperbarui sumber air melalui aliran dan
ekosistem digantikan dan digerakkan oleh mesin pengelola bendungan, dsb.
Aliran air tanah di daerah hilir sungai akan bermasalah dengan perubahan
siklus ini. Salah satu efek yang terasa adalah permasalahan kekurangan air
tanah dan meningkatnya intrusi air garam.

Waktu di Tentena, saya sempat melihat batas ketinggian air Danau Poso di
tebing dan tanaman sekitar.
Kelihatan batas air skarang lebih rendah sekitar 1 meter dari bekas air
sebelumnya.
Mnurut pak Martin (FAPS), skarang lagi musim kering, so air danau jadi
surut.
Skitar tahun 2001, saya pernah berdiri ditempat yang sama dan kelihatannya
permukaan air danau memang telah surut jauh dan terjadi pendangkalan.
Apakah ini sudah dipertimbangkan oelh Bapedalda dan juga prakarsa DPRD yang
rencana akan membendung danau Poso?

salam
angky

No comments: